Skip to content

RPP

Juli 26, 2016
                                          

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                : SDP Negeri Tulangampiang

Kelas/Semester                     : IV / II (Genap)

Tema                                          : 7. Cita-citaku

Sub Tema                                  : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembelajaran                          : 4

Alokasi Waktu                         : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)

 

Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

Kompetensi Dasar dan Indikator

Matematika

1.1      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

1.1.1    Menunjukkan rasa syukur terhadap agama yang dianutnya.

2.1     Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

2.1.1    Menunjukkan sikap kritis, teliti dan jujur dalam mengerjakan tugas.

3.12   Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.

3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku dengan sudut-sudut lainnya melalui pengamatan.

4.14   Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat.

4.14.1 Membuat kesimpulan dari eksplorasi tentang sudut segiempat

 

PJOK

1.1        Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.

1.1.1    Menunjukkan rasa menghargai perangkat gerak sebagai anugrah Tuhan.

2.5     Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

2.5.1  Menunjukkan  rasa toleransi dengan teman.

3.4     Memahami konsep berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.

3.4.1    Mengidentifikasi cara lari melewati rintangan dan meloncati ban.

4.4     Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal.

4.4.1    Mempraktikkan keterampilan melompati rintangan.

 

IPS

1.2       Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.

1.2.1    Menunjukkan rasa syukur  atas karunia TYME.

2.3     Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.

2.3.1    Menunjukkan perilaku toleran terhadap interaksi social dan lingkungan.

3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

3.5.1    Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial.

3.5.2    Mengemukakan hubungan antara manusia dan kondisi sosial.

3.5.3    Memperkirakan hubungan antara manusia dan kondisi sosial.

4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.5.1 Menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan cita-cita.

 

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mengidentifikasi sudut siku-siku setelah melakukan pengamatan terhadap bangun-bangun datar dengan cermat.
  2. Setelah bereksplorasi, siswa mampu membuat kesimpulan tentang sudut bagian dalam segiempat dengan benar.
  3. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial dengan benar.
  4. Setelah membaca teks, siswa mampu menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial dengan benar.
  5. Setelah bereksplorasi dan melihat demonstrasi guru, siswa mampu mengidentifikasi cara lari melewati rintangan dan meloncati ban.
  6. Setelah bereksplorasi dan melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu melakukan lari melewati rintangan kardus dengan benar.

 

Materi Ajar

Matematika

  1. Bangun datar.
  2. Menganalisis besar sudut dalam pada sebuah segiempat.

PJOK

Bentuk-bentuk pembelajaran kebugaran jasmani. 

IPS

Hubungan antara manusia dengan kondisi sosial.

Arsitek harus dapat bekerja sama dengan tukang kayu. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang bangun datar dan bangun ruang dengan baik, termasuk tentang sudut-sudutnya.

 

Pendekatan, Teknik, dan Metode Pembelajaran

Pendekatan                 : Saintifik

Model Pembelajaran   : Quantum Teaching

Metode                       : Penugasan, diskusi, tanya jawab, ceramah

 

Media dan Sumber Pembelajaran

  • Sumber
  1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas IV, Tema VII, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balibang, Kemdikbud.
  2. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV, Tema VII, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balibang, Kemdikbud.
  • Media
  1. Teks lagu “Aku Seorang Arsitek”.
  2. Gambar seorang arsitek.
  3. Busur derajat.

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
 

 

 

 

 

 

 

 

Tumbuhkan

Kegiatan Pendahuluan

1.       Guru mengucapkan salam dan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinannya.

2.       Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.

3.       Guru mengkordinasikan kelas dan mengecek kesiapan belajar siswa.

4.       Guru melakukan apersepsi dengan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Seorang Arsitek” dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa seperti:

a)      Apakah isi dari lagu tersebut ?

b)      Apakah arsitek dapat bekerja sendiri dalam membuat rumah ?

5.       Menginformasikan tema/subtema yang akan dipelajari.

6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 Menit
  

 

 

 

 

Alami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti

1.       Siswa membaca sekilas informasi tentang arsitek dan tukang kayu.

2.       Guru melakukan tanya jawab terkait gambar arsitek dan tukang kayu yang terdapat pada buku siswa.

3.       Siswa mencocokkan antara bangun segiempat dan nama yang benar dari beberapa bangun segiempat yang ada.

4.       Siswa menjawab pertanyaan­pertanyaan yang berkaitan dengan sudut siku­siku dan sudut lainnya dari gambar­gambar bangun segiempat tadi dan menandainya.

5.       Siswa berlatih mengerjakan soal mencari satu besar sudut dalam pada segiempat.

6.       Siswa mempraktikkan olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

7.       Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang sikap­sikap yang dapat dicontoh dari kegiatan olahraga.

8.       Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri-dari 6 orang.

185 Menit
 

 

 

Namai

9.       Guru meminta perwakilan kelompok mengambil LKS ke depan kelas.

10.   Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan LKS yang telah diberikan.

11.   Guru membimbing diskusi pada masing-masing kelompok dan menanyakan permasalahan-permasalahan yang ditemui serta menyediakan kata kunci untuk permasalahan tersebut.

 

                     

Demonstrasi

 

12.   Guru menunjuk perwakilan masing-masing kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil diskusinya.

13.   Guru menugaskan kelompok lain untuk menanggapi atau bertanya terhadap hal-hal yang belum dimengerti.

 

 

Ulangi

 

14.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil pendapatnya mengenai pembelajaran yang telah diikuti.

15.   Guru bersama siswa menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

Rayakan

Kegiatan Penutup

1.       Guru memberi evaluasi untuk mengukur ketercapaian materi yang telah diajarkan.

2.      Memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah atau PR.

3.      Menginformasikan rencana pembelajaran berikutnya.

4.       Guru menyampaikan penguatan, pujian dan penghargaan kepada siswa yang telah berhasil baik dalam kegiatan pembelajaran serta memotivasi siswa yang kurang supaya semangat belajar.

5.      Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.

15 Menit

Penilaian

  1. Teknik Penilaian :
  2. Non Tes
  3. Tes
  4. Bentuk Instrumen dan Instrumen

2.1   Bentuk Instrumen

  • Lembar pengamatan sikap spiritual
  • Lembar pengamatan sikap sosial
  • Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
  • Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
  • Instrumen

 

  • Lembar pengamatan sikap spiritual
No Nama

Peserta Didik

Aspek yang dinilai
Ketaatan beribadah Perilaku syukur Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Toleransi dalam beribadah
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1
2
3
4
Dst.

 

Rubrik penilaian sikap spiritual

Kriteria Baik Sekali Baik Cukup Kurang
4 3 2 1
Ketaatan beribadah Selalu taat beribadah. Sering taat dalam beribadah. Kadang-kadang taat beribadah. Tidak taat dalam beribadah.
Perilaku syukur Selalu menunjukan rasa syukur. Sering menunjukan rasa syukur. Kadang-kadang menunjukan rasa syukur. Tidak bersyukur.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Selalu melakukan doa sebelum dan sesuadah melakukan kegiatan. Sering berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Kadang-kadang berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Tidak berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
Toleransi dalam beribadah Selalu menjunjukan sikap toleransi dalam beribadah. Sering menunjukan sikap toleransi dalam beribadah. Kadang-kadang menunjukan sikap toleransi dalam beribadah. Tidak menunjukan sikap toleransi dalam beribadah.

 

  • Lembar pengamatan sikap sosial
No Nama Peserta Didik Perubahan Tingkah Laku
Disiplin Teliti Bertanggung Jawab
BT

 

MT

 

MB

 

SM

 

BT

 

MT

 

MB

 

SM

 

BT

 

MT

 

MB

 

SM

 

4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1
2
3
Dst

 

Keterangan :

BT : Belum Terlihat

Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda -tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator.

MT : Mulai Terlihat

Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator akan tetapi belum konsisten.

MB : Mulai Berkembang

Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan sudah mulai konsisten.

SM : Sudah Membudaya

Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.

 

  • Penilaian Pengetahuan

Soal Evaluasi (Terlampir)

Rubrik penilaian :

No Soal Skor Keterangan
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 1 Menjawab benar
0 Menjawab salah

Jumlah soal                             : 10

Tipe soal                                 : pilihan ganda

Skor maksimal                      : 10

 

Penilaian = Jumlah skor yang diperoleh siswa   X  100

Skor maksimal

 

  • Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)

Lembar Penilaian IPS

No Nama Peserta Didik Aspek yang dinilai
Ya Tidak
1
2
3
4
Dst.

Rubrik Penilaian IPS

No. Kriteria Ya Tidak
1. Siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara manuasia dengan kondisi sosial
2. Siswa mampu menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial

 

 

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: